6 Penanganan Stres Saat Hamil Demi Kesehatan Ibu dan Bayi

Stres adalah kondisi emosional yang disebabkan oleh banyak faktor. Saat hamil, Anda bisa mengalami stres akibat perubahan hormon yang tidak stabil. Perubahan mood karena faktor hormon tersebut harus segera diatasi agar stres yang ditimbulkan tidak semakin parah. Segera lakukan langkah penanganan stres berikut ini.

  1. Sharing Session

Langkah pertama dalam menangani stres yang dialami saat hamil adalah melakukan sharing session. Stres yang dialami tentu saja membuat Anda malas untuk melakukan kegiatan apapun dan cenderung murung. Bahkan, stres juga memicu perasaan ingin menyendiri. Hal ini tentu saja tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan depresi karena semakin parah. Karenanya, segera atasi stres dengan sharing agar bisa berbagi perasaan, beban, dan persoalan. Jika sedang jenuh pun, Anda bisa bercerita agar tidak stres dan merasa kesepian. Jika sedang kesal, lakukan sharing dan jangan dipendam. Anda akan merasa lebih tenang karenanya.

  1. Mengerjakan Kegiatan Sesuai Kemampuan

Stres juga bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya kegiatan yang dijalani. Menjalankan kegiatan sesuai kemampuan akan menjadi solusi untuk meringankan beban, sehingga stres bisa dikurangi. Kegiatan Anda harus dikurangi selama hamil karena kondisi fisik yang kurang memungkinkan akibat menahan beban janin yang semakin berat.

Kekuatan dan keseimbangan tubuh tidak lagi stabil, sehingga tubuh lebih cepat lelah yang memicu stres. Seiring berjalannya waktu, stres bisa disembuhkan dengan melakukan kegiatan yang dirasa ringan dan tidak melelahkan.

  1. Refreshing

Refreshing adalah solusi paling ampuh untuk meredakan stres. Pikiran dan hati akan kembali tenang setelah melakukan refreshing. Anda bisa kembali fresh dan rileks setelahnya. Refreshing tersebut bisa dilakukan dengan bersantai, berwisata, ataupun bercengkerama dengan orang-orang terkasih.

  1. Melakukan Kegiatan yang Menjadi Hobi

Setiap orang pasti mempunyai hobi. Ternyata, melakukan hobi termasuk cara efektif meredakan stres yang dialami ibu hamil. Anda bisa menurunkan stres dan menghilangkannya saat melakukan hobi secara optimal. Melakukan hobi yang membuat tubuh rileks juga bisa diaplikasikan sebelum berhubungan intim agar posisi sex makin nyaman.

Lupakan segala beban dan lakukanlah hobi dengan baik. Anda akan kembali bersemangat setelahnya. Efek bahagia akan ditimbulkan dan melawan stres yang sempat dialami. Akan tetapi, tetaplah melakukan hobi yang aman untuk ibu hamil, jangan sampai melakukan hobi olahraga, hiking, atau travelling yang membutuhkan banyak tenaga dan medan yang berat.

  1. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang selalu dijaga tentu bermanfaat meredakan stres. Jagalah pola makan dengan porsi yang cukup dan selalu teratur setiap harinya. dengan pola makan yang terjaga, Anda akan merasa lebih tenang karena energi yang terkuras selama mengalami stres sudah tergantikan. Jika energi kembali tercukupi, maka hati akan tenang dan pikiran akan jernih.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat sangat diperlukan, terlebih saat Anda hamil karena lebih cepat lelah akibat menopang berat badan yang berlebih. Berat janin yang semakin bertambah juga menjadi faktor tubuh cepat lelah ketika berdiri cukup lama dan melakukan berbagai aktivitas. Karenanya, istirahat sangat diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Berbagai cara penanganan stres tersebut sangat berguna untuk memberikan kesempatan bagi Anda agar merasa nyaman selama proses kehamilan. Kondisi janin juga tetap sehat dengan adanya kondisi mental dan emosional yang baik. Oleh karena itu, segera atasilah stres yang dialami agar tidak berpengaruh pada kondisi janin dalam kandungan.